Warga Desa Nunuk Harapkan Perbaikan Jalan

| 11 February 2013 | 0 Komentar

MAJALENGKA, (PRLM).- Warga Desa Nunuk, Kecamatan Maja,Kabupaten Majalengka berharap ruas jalan ke wilayah mereka bisa diperbaiki. Sejak 6 tahun lalu kondisi jalan ke wilayah tersebut rusak parah dan pada musim penghujan nyaris tidak bisa dilalui kendaraan.

Ruas jalan ke Desa Nunuk dari arah Cibodas, Kecamatan Majalengka ini dibangun sekitar 12 tahun lalu melalui Tentara Manunggal Masuk Desa kerja bareng masyarkat setempat. Setelah itu di di beberapa titik mengalami pembaikan akibat kondisinya rusak parah serta ada sebagian tempat yang belum tuntas dibangun lewat TMMD.

Sejak itu menurut keterangan beberapa masyarakat di Desa Nunuk ruas jalan tak pernah mengalami pembaikan padahal kondisisnya rusak parah. Seluruh aspal sudah mengelupas yang tersisa hanya batu-batu berukuran besar yang sebelumnya menjadi pasangan jalan yang dibuat warga. Di beberapa titik kondisi jalannya tanah karena aspal dan batu mengelupas. Tak heran bila hujan turun kendaraan tak bisa melintas.

Warga yang ingin bepergian ke kota atau sebaliknya harus menunggu hujan reda atau matahaari mulai panas menunggu kondisi jalan tidak licin. “Sebetulnya untuk bisa ke Nunuk atau orang Nunuk bila ingin ke ibu kota kecamatan ada tioga jalur jalan yang bisa dilalui, yakni mellaui Desa Cihaur dan Lebaklarang, Desa Wanahayu, namun dua ruas jalan tersebut pada saat musim penghujan hanya bisa dilalui dengan jalan kaki karena kondisi jalnnya masih tanah, jadi ya bila ingin menggunakan kendaraan hanya ruas jalan Cibodas yang bisa dilintasi, itupunn untuk ruas jalan Cibodas dan Lebaklarang harus terlebiuh dulu melintasi sungai Cisuluheun, Citayem dan Lebak Cinangka yang kondisi airnya bila usai hujan sangat deras,” ungkap Usman warga Desa Nunuk.

Yang membuat bingung warga, menurut Nana, Hasan, Sandi, dan Usman adalah ketika masyarakat ingin menjual hasil pertanian, kendaraan tidak bisa naik karena jalan licin sementara hasil pertanian harus segera dijual karena bila terlalu lama akan membusuk. “Kalau menjual cabe atau pisang bila ingin harga mahal kan harus dijual apda hari pasaran, nah kalau pada hari pasar ternyata hujan besar maka barang tak bisa diangkut,” kata Hasan.

Camat Kecamatan Maja Aahmad Suswanto membenarkan rusaknya kondisi jalan ke wilayah tersebut. Menurutnya sebagian titik ruas jalan diharapkan bisa diperbaiki pada tahun ini. “Rencananya tahun ini sebagian sudah bsia diperbaiki. Informasi
sementara pembaikan akan dilakukan mulai badugjaya hingga ke Cirelek,” ungkap Camat maja.(C-28/A-147)***nunuk

Kategori: Berita, Majalengka

Tentang Penulis ()

Tulis Komentar